Kamis, 18 Mei 2017

Ergonomi dalam Penataan Fasilitas kantor

1.       Pengertian ergonomic
Istilah ”ergonomi” berasal dari bahasa Latin yaitu ergon (kerja) dan nomos (hukum alam). Ergonomi dapat didefinisikan sebagai studi tentang aspek-aspek manusia dalam lingkungan kerjanya yang ditinjau secara anatomi, fisiologi, psikologi, engireering, manajemen, dan desain/perancangan.
2.       Penerapan Ergonomi dan Penataan Fasilitas Kantor
  1.       Bekerja dalam posisi atau postur normal
  2.       Mengurangi beban berlebihan
  3.       Mencakup jarang ruang
  4.       Minimalisasi gerakan statis
  5.       Mengurangi stress
  6.       Minimalisasi titik beban
3.       Tata letak fasilitas kantor sesui pendekatan ergonomi
Tata letak fasilitas kantor adalah kumpulan unsur-unsur fisik yang di atur mengikuti aturan atau logika tertentu guna mengunjang kelancaran kerja.
a. Sikap dan posisi kerja
b. Antropometri dan Dimensi Ruang Kerja
4.       Akibat tidak menerapkan sistem dalam penataan fasilitas kantor
a. Kejenuhan pada kerja
b. Kelelahan
c. Timbul penyakit akibat kerja
d. Kematian

2 komentar:

Cara Mengaktifkan Microsoft Publisher

Sebelum mengaktifkan Microsoft Publisher, Installah terlebih dahulu software Microsoft Publisher ke komputer. Setelah itu, Anda dapat menga...