Kamis, 18 Mei 2017

Pengertian, Pengadaan, Jenis-Jenis dan Contoh Fasilitas Kantor

   A. Pengertian Fasilitas Kantor
Pengertian fasilitas adalah sesuatu yang dapat membantu memudahkan pekerjaan, tugas dan sebagaiknya fasilitas merupakan perlaksaan fungsi. Fasilitas kantor yang digunakan oleh setiap perusahaan bermacam-macam bentuk, jenis dan manfaatnya. Semakin besar aktivitas suatu perusaan maka semakin lengkap pula fasilitas dan sarana pendukung dalam proses kegiatan untuk peoses kegiatan untuk mencapai tujuan tesebut. Fasilitas kantor itu mencangkup atau meliputi sarana danprasarana kantor. Karakteristik fasilitas kantor yang mencakup sarana dan prasarana pendukung dalam proses aktivitas perubahan atau organisasi:
1.       Mempunyai bentuk fisik.
2.       Memberikan manfaat dimasa yang akan datang.

B. Pengadaan Fasilitas Kantor
Pengadaan adalah kegiatan penyediaan semua keperluan barang/benda/jasa bagi keperluan pelaksaan tugas. Pengadaan fasilitas kantor dapat dilakukan melalui lelang (dengan plakualifikasi), penunjukan langsung (plakualifikasi/paskakualifikasi).
     Proses pengadaan fasilitas kantor melalui plakulifikasi dan paskakualifikasi tersebut biasanya dilakukan oleh intansi-intansi pemerintah yang memerlukan pengadaan fasilitas kantor dalam jumlah besar tak sanggup dilakukan sendiri oleh instansi tersebut, sehingga harus melibatkan orang lain. Pengadaan fasilitas kantor dalam lingkup kantor perusahaan/organisasi harus disesuaikan dengan kebutuhan agar tidak mubazir.

C. Jenis-Jenis dan Contoh Fasilitas Kantor
Fasilitas kantor pada setiap perusahaan akan berbeda dalam bentuk dan jenis nya, tergantung pada jenis usaha dan besar-kecilnya perusahaan tersebut. Berdasarkan pengertian tersebut, maka sarana kantor berkaitan dengan mesin dan peralatan, perlengkapan kantor, peralatan kantor, dan peralatan inventaris lainnya.
1.       Sarana kantor
a.       Perabot kantor
b.      Peralatan/perlengkapan kantor
c.       Mesin-mesin kantor
d.      Pesawat kantor
e.      Interior kantor
2.       Prasarana kantor
a.       Penambahan nilai estetis
b.      Penambahan citra perusahaan di mata kolega dan lingkungan sekitar
c.       Tolak ukur kualitas perusahaan atas lingkungan sosial
d.      Perwujudan prestasi perusahaan
e.      Peningkatan wujud apresiasi seni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Mengaktifkan Microsoft Publisher

Sebelum mengaktifkan Microsoft Publisher, Installah terlebih dahulu software Microsoft Publisher ke komputer. Setelah itu, Anda dapat menga...