Media Komunikasi
a. Pengertian Media Komunikasi
Media komunikasi terdiri dari dua kata yang setiap kata mempunyai arti sendiri-sendiri.Media berarti alat Bantu untuk mencapai tujuan. Sedangkan komunikasi berarti suatu kegiatan untuk menyampaikan pesan atau berita. Bila kedua kata tersebut kita rangkaikan maka secara umum media komunikasi dapat diartikan sebagai “suatu alat yang dipergunakan untuk mempermudah dalam penyampaian informasi atau ide-ide dari seseorang kepada orang lain agar maksud dan tujuan dapat tercapai dengan baik
b. Fungsi Media Komunikasi
Secara umum untuk media komunikasi mempunyai fungsi sebagai berikut :
1. Untuk memperjelas informasi yang disampaikan.
2. Untuk mempermudah penyampaian informasi.
3. Untuk mempersingkat waktu untuk menyampaikan suatu informasi.
4. Untuk membangkitkan daya tarik bagi konsumen.
c. Jenis-Jenis Media Komunikasi
Menurut jenisnya media komunikasi dapat dikelompokkan sebagai berikut :
1. Media Audio/pendengaran, merupakan meadia komunikasi yang dapat didengar misalnya : Radio, Tape Recorder, Telepon.
Keuntungan menggunakan media audio :
a. Harganya relatif murah.
b. Mudah dibuat dan digunakan.
c. Dapat membangkitkan fantasi pendengaran.
Kelemahannya :
a. Apabila anda salah/kesalahan harus membuat naskah baru.
b. Tidak dapat untuk memperkenalkan hal yang sifatnya ketrampilan.
2. Media Visual/gambar,yaitu media yang dapat dilihat dengan mata.
Misalnya : Surat, Transparansi, Gambar dan lain-lain.
Keuntungannya :
a. Informasi yang disampaikan jelas.
b. Pembuatan dan penggunaanya mudah.
c. Biaya pembuatan murah.
Kelemahannya :
a. Dapat menimbulkan rasa bosan.
b. Diperlukan waktu yang cukup lama untuk memahami gambar.
3. Media Audio Visual
Yaitu suatu media yang dapat dilihat dan didengar.
Misalnya : Televisi, Film bersuara, Pertemuan, Wawancara dan sebagainya.
Keuntungannya :
a. Informasi yang diterima sesuai dengan kenyataan.
b. Mudah cara penyampaiannya.
Kelemahannya :
a. Memerlukan biaya yang mahal.
b. Memerlukan persiapan yang lama
Tidak ada komentar:
Posting Komentar